Senjata Tradisional Sumatera Barat

Senjata Tradisional Sumatera Barat – Seperti daerah di Indonesia lainnya, Sumatera Barat mempunyai beberapa senjata tradisional yang memiliki ciri khas dan menjadi kekayaan bangsa Indonesia.

Sedikitnya ada 7 jenis senjata tradisional Sumatera Barat yang digunakan oleh warga setempat.

Berikut ini ulasannya!

Macam-Macam Senjata Tradisional Sumatera Barat

Sumatera Barat mempunyai warisan senjata tradisional yang beragam. Maka dari itu kita simak apa saja jenis-jenis senjata tradisional Sumatera Barat:

Ruduih

Ruduih

Senjata tradisional Ruduih ialah pedang yang paling terkenal digunakan berperang, yaitu perang Manggopoh yang terjadi pada tahun 1908. Pernyataan ini dinyatakan pada catatan Museum Tridaya Eka Dharma.

Sebagai simbolisasi senjata ini, dibangunlah Tugu Siti Manggopoh. Tugu yang menjadi saksi sejarah perjuangan seorang perempuan Minangkabau yang menggunakan senjata Ruduih saat melawan kolonialisme Belanda.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Bali

Sumpitan

Sumpitan

Senjata tradisional khas Sumatera Barat lainnya yaitu Sumpitan. Senjata ini sangat cocok untuk menyerang jarak jauh. Keistimewaan menggunakan senjata ini ialah tidak menimbulkan suara, sehingga tidak mudah dideteksi oleh lawan.

Selain senyap, tingkat akurasi yang diberikan sangat tinggi yaitu bisa mencapai 300 meter. Sehingga senjata ini digunakan ketika perang dengan taktik gerilya.

Selain digunakan berperang, senjata ini digunakan warga Minangkabau untuk berburu hewan di hutan.

Klewang Padang

Klewang Padang

Perang Padri sangat terkenal di tanah Sumatera sudah menyisakan senjata tradisional yaitu senjata Kelewang.

Senjata ini ialah senjata utama yang digunakan oleh pasukan Padri ketika perang itu terjadi di Sumatera Barat di abad ke-19.

Sekilas tampilan senjata ini tidak jauh berbeda dengan golok. Hanya saja untuk Kelewang asli mempunyai ukiran khusus dari pedang pusaka ini.

Karih

Karih

Senjata tradisional khas Sumatera Barat ialah Karih. Senjata ini lebih banyak digunakan sebagai alat membela diri.

Namun sekarang senjata ini banyak digunakan sebagai aksesoris adat pernikahan dan lain sebagainya.

Karih ialah senjata yang masuk dalam jenis belati pendek. Karih terbuat dari baja putih dan gagang yang terbuat dari kayu berkualitas.

Pada bagian sarung senjata, akan selalu ditemukan ukiran untuk menambah nilai estetik dan seni.

Kerambit

Kerambit

Kerambit atau banyak dikenal dengan nama kerambit atau kurambiak di beberapa daerah.

Senjata ini berukuran sekepal tangan orang dewasa, namun ini senjata yang berbahaya. Kerambit mempunyai bentuk yang terinspirasi dari cakar harimau.

Konon, tanah Minang ialah kawasan dengan banyak dihuni Harimau, bahkan ada sebutan khusus spesies ini nama Harimau Sumatera.

Senjata ini bisa diaplikasikan dalam serangan jarak dekat, sayatan dari senjata ini langsung fatal bagi lawan.

Saking hebatnya, senjata ini sudah diadaptasi oleh tentara Amerika Serikat dan dijadikan sebagai senjata wajib.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Jawa Tengah

Piarik

Piarik

Senjata Piarik dikenal dengan sebutan Trisula. Bentuknya yang unik ini ialah hasil adaptasi dari budaya Hindu Siwa tepat sebelum Islam berhasil masuk ke wilayah Sumatera Barat.

Pada zaman dahulu, Piarik digunakan untuk berburu hewan yang mempunyai kapasitas yang besar. Hingga saat ini Piarik masih terkenal dan masih dipertahankan oleh warga Minang.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Papua

Keris Pusaka Minangkabau

Keris Pusaka Minangkabau

Keris ialah senjata  Sumatera Barat. Senjata ini mengandung nilai keagungan biasa diselipkan di pinggang sang penghulu adat, ketika menghadiri acara penting.

Keris Pusaka Minangkabau diasah baik di sisi kanan dan kiri agar selalu keadaan tajam. Hal demikian agar penghulu bisa memberi, mengamanahkan, serta memberikan keadilan kepada semua orang.

Cara pemakaian penghulu selalu diperhatikan, yaitu mata keris tidak menghadap ke kanan, namun ke kiri.

Tindakan ini diartikan sebagai sikap bahwa seorang penghulu harus selalu hati-hati, berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

Akhir Kata

Itulah ketujuh senjata  khas Sumatera Barat yang akan menjadi saksi perjalanan sejarah bangsa kita. ketujuh senjata di atas hanya beberapa dari sekian banyak senjata lainnya di Indonesia yang harus kita lestarikan dan jaga bersama.

Dari banyaknya senjata tradisional di Indonesia, kira-kira senjata apa ya yang belum kita bahas? Yuk tulis saranmu jika ada senjata daerah tempat tinggalmu yang belum kita bahas bersama. Tulis di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.