Senjata Tradisional Sulawesi Barat 

Senjata Tradisional Sulawesi Barat  – Sama dengan daerah di Indonesia lainnya, provinsi Sulawesi Barat mempunyai warisan budaya yang beragam. Salah satu warisan budaya Sulawesi Barat yaitu senjata tradisional.

Setidaknya ada 5 senjata  Sulawesi Barat yang mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Apa saja senjata  Sulawesi Barat?

Baca sampai selesai ya.

Macam-macam Senjata Tradisional Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat mempunyai 5 macam senjata tradisional.

Badik

Badik

Senjata tradisional Sulawesi Barat yang pertama yaitu Badik. Badik ialah senjata pisau dengan ciri khas Bugis dan Makassar. Di daerah bugis, Badik disebut dengan Kawali, ada Kawali Raja dan Kawali Rongkong.

Sama dengan keris, senjata Badik mempunyai bentuk yang tidak simetris dan bilahnya dihiasi dengan pamor. Meski sama dengan keris, namun senjata Badik tidak memiliki penyangga bilah atau ganja seperti keris.

Badik ialah senjata dengan 3 bagian, yang meliputi gagang bilah badik, dan sarung (warangka). Senjata ini mempunyai tajam tunggal dan ganda dengan berukuran panjang 30 sampai 50 cm.

Menurut kepercayaan warga Bugis, setiap senjata Badik mempunyai kekuatan supranatural. Dipercaya bahwa kekuatan badik bisa memberi pengaruh kepada sang pemiliknya. Kehidupan sang pemilik badik mendapatkan kedamaian, kemakmuran, dan kesejahteraan. Meski tidak jarang ada yang memiliki senjata ini malah mendapatkan pengaruh negatif seperti mendapatkan kesialan, penderitaan, kesengsaraan, hingga kemiskinan berkepanjangan.

Sejak dahulu, senjata Badik digunakan oleh masyarakat Sulawesi Barat sebagai senjata membela diri dari serangan musuh. Selain itu digunakan sebagai alat berburu hewan di hutan.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Bali

Tombak Sulawesi Barat

Tombak Sulawesi Barat

Senjata  berasal dari Sulawesi Barat selanjutnya yaitu Tombak Sulawesi Barat. Meski senjata  khas Sulawesi Barat banyak berupa senjata jenis belati atau parang, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa di provinsi mempunyai senjata berbentuk tombak.

Senjata jenis tombak ini bisa digunakan dalam dua jarak tikam, yaitu pada jarak dekat tombak bisa digunakan untuk menikam musuh, dan ketika jarak jauh tombak bisa dilemparkan ke arah sasaran

Mata bilah senjata tombak bersejarah ini dibuat dari bahan campuran besi dan logam.

Pada zaman dahulu, tombak Sulawesi Barat ini digunakan pada saat berperang melawan penjajah.

Belati Jambia

Belati Jambia

Senjata  khas Sulawesi Barat ini ialah Jambia. Senjata Jambia ini ialah senjata yang seperti dengan belati atau badik Sulawesi Barat.

Hanya saja senjata ini mempunyai ciri khusus dengan bagian tengah bilahnya semakin melebar dan ujungnya semakin meruncing.

Keris

Belati Jambia

Senjata tradisional khas Sulawesi Barat selanjutnya yaitu keris atau dikenal dengan sebutan Gayang. Sama dengan keris pada biasanya, Gayang mempunyai mata bilah yang berliku dilengkapi sarung sebagai pelindung keris.

Senjata sakral ini dipercaya mempunyai kekuatan supranatural yang bisa memberikan kekuatan bagi yang memakainya, seperti sang pemakai akan mendapatkan keberuntungan saat menggunakan senjata bersejarah ini.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Sulawesi Tengah

Kandawulo

Kandawulo

Senjata khas Sulawesi Barat ini yaitu parang panjang. Parang jenis ini disebut dengan nama Kandawulo.

Senjata bersejarah ini ialah senjata sederhana tanpa hiasan pamor atau pernak-pernik lainnya. Selain sederhana, bahan dasar membuat senjata ini berasal dari besi biasa tanpa campuran baja atau lainnya. Senjata Kandawulo mempunyai bentuk bilah yang relatif lurus, ramping, dan memanjang.

Karena bentuknya yang panjang dan lurus, sehingga senjata ini digunakan untuk alat pertanian.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap senjata tradisional sulawesi barat yang masih terjaga keasliannya hingga sekarang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.