Senjata Tradisional Riau

Senjata Tradisional Riau – Riau, adalah sebuah provinsi  kepulauan dan dikenal kaya tentang kebudayaannya. Pada provinsi tersebut banyak hal yang bisa kita pelajari, mulai dari tarian, pakaian dan senjata tradisional Riau.

Kemudian apa saja senjata tradisional riau yang ada hingga saat ini? Simak ulasannya berikut ini!

Macam-Macam Senjata Tradisional Riau

Riau memiliki senjata tradisional yang masih cukup populer hingga sekarang. Kemudian apa saja jenis-jenis Senjata Tradisional Riau? Simak ulasannya dibawah ini ya!

Badik Tumbuk Lada

Badik Tumbuk Lada

Tumbuk Lada adalah senjata badik yang biasanya digunakan untuk menusuk musuh dari jarak yang tidak jauh. Senjata tersebut memiliki panjang hingga 29 cm dengan lebar sampai hingga 4 cm.

Pada zaman dahulu, senjata badik tumbuk lada sering dipakai untuk senjata pertempuran, dan bahkan senjata ini sering dibubuhi racun.

Sedangkan untuk sarung yang digunakan sebagai pembungkus senjata ini memiliki ukiran yang sangat kompleks dan tetap menjadikan sarung tersebut tampak indah.

Senjata ini bukan dipakai sebagai pertempuran saja, namun juga pada zaman dahulu digunakan untuk aksesoris pelengkap dari pakaian adat di Provinsi Riau.

Sekarang senjata ini digunakan untuk aksesoris pengantin yang menikah menggunakan upacara adat Melayu.

Hal demikian bukan hanya terjadi di Provinsi Riau saja, namun senjata ini menjadi salah satu senjata tradisional yang dimiliki oleh provinsi Jambi. Hal demikian dikarenakan letak geografis yang membuat kedua provinsi tersebut memiliki budaya yang tidak jauh berbeda.

Pedang Jenawi

Pedang Jenawi

Pedang Jenawi yaitu senjata yang sering digunakan oleh panglima perang, termasuk pada saat bangsa Indonesia berperang melawan penjajah dari Belanda.

Baca Juga:  Senjata Tradisional Lampung

Katanya senjata ini dipakai oleh para pejuan Melayu yang ada di Provinsi Riau pada tahun 1940-an silam.

Pedang Jenawi tidak bisa dipegang atau bahkan dikuasai oleh sembarang orang. Karena sesuai dengan namanya, pengguna dari senjata ini harus orang cerdas, dan juga tentunya memiliki kekuasaan atau orang yang sangat dihormati.

Apa alasannya? Ternyata proses pembuatan pedang dilakukan dengan kehati-hatian dan penuh dengan perhitungan. Pedang mempunyai panjang 1 meter dan terbuat dari besi, baja, dan tembaga yang berkualitas tinggi.

Pedang digunakan menyerang musuh yang datang dari berbagai arah, baik dari depan, belakang, dan dari arah samping.

Sehingga demikian membuat musuh kebingungan dalam menghadapi pedang sehebat ini. Namun sekarang pedang tersebut digunakan aksesoris untuk pelengkap dari pakaian adat Provinsi Riau.

Blunderbuss

Blunderbuss

Senjata tradisional riau berikutnya yaitu Blunderbuss. Senjata tersebut mirip dengan alat bedil yang memiliki laras berkaliber pendek, namun besar dan bisa muncung peledak di hadapannya.

Mancung dari senjata tersebut seperti bunga atau Muzzle. Untuk menggunakan alat ini diperlukan timah hitam.

Beladau

Beladau

Beladau yaitu senjata tradisional Riau yang mempunyai ukuran kecil, bisa dibilang senjata tersebut mirip dengan belati. Namun bedanya senjata ini memiliki bentuk yang melengkung sampai dengan ujungnya.

Senjata Beladau mirip dengan badik tumbuk lada. Pada umumnya senjata ini digunakan untuk menyerang dari jarak dekat.

Beladu juga terbagi menjadi dua, yaitu ada beladau dengan satu sisi bagian yang tajam, dan yang kedua yaitu beladsu yang memiliki sisi tajam pada bagian dalam.

Pemuras

Pemuras

Pemuras senjata mirip dengan pedang dan juga badik. Pemuras yaitu senjata tradisional yang banyak diketahui oleh warga Melayu yang berada di Riau.

Bahkan hal demikian diakui oleh tentara Inggris, bahwa masyarakat Melayu sangat pandai menggunakan pemuras.

Lela Rentaka

Lela Rentaka

Lela rentaka yaitu senjata tradisional dengan bentuk meriam yang ringan dan memiliki bentuk uang kecil.

Jika pada bahasa Inggris meriam dinamakan lantakas yang yaitu gabungan dari kata Lela dan rentaka. Lantakas yaitu senjata yang khas masyarakat Melayu Riau yang dibuat oleh mereka sendiri.

Keris

Keris

Mungkin keris tidak asing lagi bagi orang Jawa. Ternyata keris bisa ditemukan di daerah Sumatra atau Jiran, Malaysia. Pada budaya masyarakat sekitar, anda akan menemukan keris sebagai warisan dari leluhur mereka.

Keris bisa kita temukan dalam budaya masyarakat Riau. Tetapi keris yang berada di wilayah ini memiliki keunikan, yaitu jumlah lekukan yang sedikit dan juga terdapat ukiran pada gagang dan sarungnya lebih banyak bermotif flora.

Klewang

Klewang

Klewang adalah senjata yang memiliki bentuk mirip dengan golok. Ujung bilah dari senjata tersebut memiliki ukuran yang lebar. Pada zaman dahulu klewang sebagai senjata digunakan untuk berperang dengan para prajurit kerajaan.

Senjata ini juga masih digunakan oleh masyarakat sekitar. Namun fungsinya bukan lagi sebagai senjata yang digunakan untuk berperang, namun digunakan untuk menunjang produktivitas warga yang memiliki profesi sebagai petani yang memiliki aktivitas di sawah dan juga ladang.

Terakol

Terakol

Terakul atau bisa disebut dengan Tarkul. Senjata tersebut yaitu senjata favorit oleh para pedagang, pelaut dan lanun melayu.

Baca Juga:  Senjata Tradisional Betawi

Sehingga tarkul tersebut tidak perlu membutuhkan fius. Tarkol memiliki bentuk seperti ousol dan juga bentuk seperti oerumas, bedanya hanya ada pada ukuran.

Akhir Kata

Itulah Ulasan lengkap senjata tradisional Riau yang eksotis. Jangan lupa cek juga senjata tradisional Lampung dan Betawi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.