Senjata Tradisional Lampung

Senjata Tradisional Lampung – Setiap daerah Indonesia mempunyai warisan budaya yang beragam, begitupun daerah Lampung. Di daerah ini ada beberapa warisan budaya berupa senjata tradisional.

Tidak hanya keris, provinsi lampung meninggalkan jejak sejarah seperti senjata tradisional yang sangat beragam. Apa saja senjata tradisional khas Lampung?

Berikut ulasannya.

Macam-Macam Senjata Tradisional Lampung

Selain Betawi, daerah yang memiliki warisan leluhur yang bermacam ialah Provinsi Lampung. Daerah Indonesia yang satu ini mempunyai bermacam senjata tradisional.

Beberapa senjata seperti panahan, pisau, maupun Candung, bahkan dibedakan kembali dalam macam-macam yang lebih khusus karena karakteristik dan keunikan yang dimiliki senjata berbeda. Berikut ialah penjelasan lengkap terkait jenis-jenis senjata tradisional khas Lampung.

Keris Terapang

Keris Terapang

Senjata tradisional khas Lampung yang paling terkenal yaitu keris Terapang. Terapang juga biasa dikenal dengan Tekhapang.

Terapang yaitu keris khas Lampung menjadi senjata para bangsawan sejak zaman dahulu sebagai alat membela diri dari musuh.

Namun pada zaman sekarang, senjata ini lebih sering digunakan sebagai aksesoris acara ritual adat lampung, seperti upacara adat pernikahan

Senjata ini tidak ada di semua wilayah lampung.

Menurut penelitian , keris khas Lampung ini telah ada pada masa Kerajaan Tulang Bawang pada abad ke-12.

Badik

Badik

Selain Payan dan Terapang, senjata Badik cukup terkenal di warga Lampung. Badik digunakan untuk membela diri, baik dari serangan musuh atau serangan binatang buas.

Badik dibawa oleh pria Lampung, terutama para anak muda yang selalu membawanya dengan menyelipkan senjata tikam ini di pinggangnya.

Senjata khas Lampung ini diperkirakan bahwa dikenal masyarakat Lampung dari  pengaruh budaya masyarakat Bugis yang merantau ke Lampung di masa lalu.

Panah (Betit)

Panah (Betit)

Senjata tradisional Lampung yang satu ini disebut Betit alias panah. Senjata Betit merupakan senjata jarak jauh yang dipercaya sangat akurat untuk memukul mundur musuh.

Senjata ini dahulu digunakan masyarakat lampung di medan pertempuran.

Meriam

Meriam

Salah satu peninggalan sejarah yang senjata yaitu Meriam. Meriam khas Lampung ini dikenal pada masa kedatangan bangsa kolonial ke Indonesia.

Senjata ini digunakan masyarakat Lampung buat melawan bangsa penjajah di medan pertempuran. Meriam banyak ditemukan di tanah Lampung dengan ukuran yang beraneka ragam dan dihias dengan ornamen.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Riau

Trisula (Serapang)

Trisula (Serapang)

Sama seperti beberapa daerah lainnya, Lampung juga mempunyai senjata trisula. Senjata Lampung pengaruh agama Hindu dikenal dengan sebutan Serapang.

Senjata ini berbentuk seperti tombak dan disertai ujung mata bercabang tiga. Serapang dahulu digunakan untuk berburu hewan di hutan, seperti babi, menjangan, ikan, dan lain sebagainya.

Ketapel (Sempret)

Ketapel (Sempret)

Lampung mempunyai senjata tradisional yang unik, salah satunya yaitu ketapel atau juga dikenal dengan sebutan Sempret. Sempret ini memang senjata yang terkenal di nusantara, karena beberapa daerah lainnya juga mempunyai senjata bersejarah ini.

Sama dengan ketapel pada biasanya, sempret Lampung dibuat dari bahan kayu yang terbentuk seperti huruf Y, di setiap ujungnya dipasangi pita karet yang digunakan sebagai daya pegas dari peluru yang meluncur.

Kepelan

Kepelan

Salah satu senjata khas Lampung yang tidak mempunyai bilah mata tajam adalah Kepelan. Senjata ini seperti tonggak berukuran 32 cm. Bahan dasar untuk membuat kepelan yaitu besi atau logam.

Payan

Payan

Payan yaitu senjata tradisional Lampung yang dipercaya paling tua keberadaannya. Peninggalan sejarah di situs purbakala Pugung Raharjo dan situs peninggalan Islam Benteng Sari menunjukkan bahwa senjata ini telah dipakai berabad lamanya sebagai salah satu senjata bagi prajurit kerajaan Tulang Bawang.

Senjata ini berbentuk seperti tombak dengan gagang yang panjang, yaitu sekitar 150 hingga 180 cm.

Tombak Lampung jenis ini banyak dipercaya memiliki kekuatan magis, terutama bila Payan ini yaitu benda pusaka warisan leluhur. Umumnya tombak yang seperti ini mempunyai ciri mata tombaknya dilengkapi dengan sarung.

Sumpit (Spuk)

Sumpit (Spuk)

Selain senjata tajam, Lampung juga mempunyai senjata tiup yang dikenal dengan sebutan sumpit atau Spuk.

Skin (Pisau)

Skin (Pisau)

Skin atau juga terkenal dengan sebutan pisau yaitu salah satu senjata khas Lampung. Senjata bersejarah ini mempunyai bentuk menyerupai golok, namun bentuknya lebih kecil, tipis, tajam, dan bergagang.

Terkeling

Terkeling

Senjata genggam khas Lampung biasa disebut dengan terkeling. Senjata ini terbuat dari bahan timah. Terkeling mempunyai bentuk seperti cincin bermata empat dan mempunyai empat buah lubang seukuran jari manusia di bagian belakang, sejajar dari atas ke bawah.

Candung

Candung

Dari sekian banyak senjata tradisional Lampung, Candung adalah senjata yang masih sering digunakan sampai detik ini.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap senjata tradisional lampung yang masih terjaga keasliannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.