Senjata Tradisional Kalimantan Tengah

Senjata Tradisional Kalimantan Tengah – Kalimantan Tengah ialah provinsi yang ada di Pulau Kalimantan, dan ibukotanya yaitu Palangkaraya. Wilayah ini banyak sekali tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata pilihan.

Salah satunya ialah museum Balangan, museum tersebut ada di kota Palangkaraya atau di Jalan Tjilik Riwut, sekitar 2,5 km dari Bundaran Besar.

Kenapa tempat tersebut dijadikan destinasi wisata? Ternyata tempat tersebut menyimpan benda bersejarah, diantaranya ialah senjata  Kalimantan tengah. Jadi sangat cocok dikunjungi untuk menambah wawasan tentang peninggalan bersejarah.

Macam-Macam Senjata Tradisional Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah masih memiliki senjata tradisional yang eksis dan masih sipakai sampai saat ini. Berikut ini macam senjata  Kalimantan Tengah dan ulasannya!

Sumpit

Sumpit

Sumpit ialah senjata tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Biasanya warga tersebut menyebutnya nama Sipet.

Kelebihan dari senjata ini ialah senjata tersebut digunakan sebagai senjata jarak jauh, bukan hanya itu senjata ini tidak bisa merusak alam. Hal demikian dikarenakan senjata ini menggunakan bahan yang alami.

Sumpit ialah senjata yang memiliki ketepatan dan akurasi tembakan bahkan bisa mencapai 200 meter.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Bali

Kancip

Kancip

Kancip ialah senjata tradisional Kalimantan Tengah yang digunakan untuk pemotong dari buah pinang.

Kancip sendiri ialah senjata berupa alat pemotong yang mempunyai bentuk gunting atau juga sebagai pelengkap sirih pinang

Duhung

Duhung

Duhung ialah salah satu senjata Kalimantan Tengah. Masyarakat Dayak sendiri mempercayai duhung termasuk senjata yang paling tua.

Menurut cerita legenda, ada 3 raja yang memiliki duhung dengan jenis berbeda. Yaitu milik Raja Sangen dan Raja Sangiang memiliki duhung yang dibuat dari besi mengapung, sementara duhung milik Raja Bunu dibuat dari besi yang bisa mengapung. Duhung tersebut dinamakan dengan Sanaman Leteng.

Senjata duhung memiliki ukuran antara 50 hingga 75 cm. Pada jaman dahulu, duhung digunakan untuk alat berburu atau bercocok tanam.

Sedangkan dalam perkembangannya saat ini duhung tidak digunakan menjadi senjata, melainkan sebagai benda pusaka yang dipajang atau dikoleksi.

Mandau Kalimantan Tengah

Mandau Kalimantan Tengah

Mandau ialah salah satu senjata  dari Kalimantan Tengah. Senjata ini ialah senjata khas suku yang berjenis parang dengan hiasan berupa ukiran yang ada bagian bilahnya yang tidak tajam.

Fungsi dari Mandau dalam kehidupan masyarakat suku Dayak ialah senjata tersebut digunakan untuk berperang dan pengayauan.

Namun saat ini sudah jarang adanya peperangan, maka senjata tersebut digunakan pada ritual adat dan juga sebagai hiasan.

Talawang

Talawang

Talawang ialah senjata tradisional Kalimantan Tengah, biasanya warga akan menggunakan talawang untuk alat bantu pertahanan atau digunakan untuk melindungi diri.

Talawang tersebut disebut dengan tameng atau perisai untuk berperang. Senjata ini memiliki ukiran yang sangat menawan dan eksotis.

Talawang tersebut dari kayu ulin atau kayu besi, namun ada yang terbuat dari kayu liat.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap senjata tradisional kalimantan yang masih eksotis dan terjaga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.