Senjata Tradisional Gorontalo

Senjata Tradisional Gorontalo – Senjata tradisional ialah kekayaan budaya dan warisan bangsa Indonesia. Ada ragam jenis senjata tradisional yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu senjata tradisional Gorontalo.

Senjata tradisional berasal dari Provinsi Gorontalo ini mempunyai aneka jenis dan kegunaannya. Sehingga tidak menjadi senjata khas, namun menjadi senjata yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup warga Gorontalo.

Nah, pada artikel kali ini kita akan mengulas mengenai aneka ragam jenis senjata tradisional Gorontalo dan kegunaannya.

Senjata Tradisional Gorontalo

Gorontalo ialah daerah yang memiliki berbagai macam benda bersejarah peninggalan nenek moyang, salah satunya yaitu senjata tradisional. Di antara senjata  yang berasal dari Gorontalo ialah senjata yang banyak digunakan untuk perang.

Di sisi lain, senjata tradisional tersebut sering digunakan alat bantu warga setempat untuk memenuhi kebutuhan warga Gorontalo.

Jenis Senjata Tradisional Gorontalo

Senjata  Gorontalo terbagi menjadi beberapa jenis senjata. Mulai dari senjata jenis parang, senjata jenis kayu pemukul, senjata jenis keris, senjata jenis pedang panjang, dan senjata jenis tombak.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Parang

"<yoastmark

Ada beberapa jenis senjata khas Gorontalo yang masuk kedalam jenis parang. Adapun senjata jenis parang di Gorontalo ialah berikut ini:

Senjata Tradisional Aliyawo

Senjata jenis parang pertama yaitu senjata Aliyawo. Senjata  Gorontalo ini ialah senjata yang digunakan oleh para prajurit kerajaan, salah satunya yaitu pada saat perang Panipi dalam memperebutkan kekuasaan kerajaan.

Setidaknya ada empat kerajaan yang menggunakan senjata ini sebagai senjata pamungkasnya, yaitu kerajaan Limboto, kerajaan Suwawa, kerajaan Gorontalo, dan kerajaan Gowa.

Senjata Tradisional Wamilo

Senjata wamilo ialah senjata khas Gorontalo berupa parang. Senjata ini digunakan oleh warga Gorontalo untuk kegiatan sehari-hari, seperti kegiatan bertani maupun berkebun.

Baca Juga:  Senjata Tradisional Kalimantan Tengah

Senjata Tradisional Banggo

Senjata  Gorontalo yang masuk parang berikutnya yaitu senjata Banggo. Senjata ini ialah parang yang terbuat dari besi dan mempunyai pasangan atau sarung parang terbuat dari kayu hitam dan kayu kuning.

Senjata khas ini biasa dimiliki oleh warga setempat untuk digunakan sebagai alat berkebun.

Baca Juga: Senjata Tradisional Jawa Barat

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Keris

"<yoastmark

Ada beberapa jenis senjata  Gorontalo yang masuk jenis senjata keris. Adapun senjata jenis keris di Gorontalo yaitu berikut ini:

Senjata Tradisional Baladu

Senjata  Gorontalo tergolong keris yaitu senjata Baladu. Senjata ini ialah senjata yang digunakan oleh pengawal raja pada pemerintahan kerajaan di Gorontalo. Saat ini, senjata khas ini lebih banyak dipakai oleh masyarakat setempat untuk melindungi dirinya dari serangan lawan.

Senjata Tradisional Badi

Senjata Badi tergolong senjata  Gorontalo berjenis keris. Senjata ini dahulu banyak digunakan oleh para penjaga pasukan berkuda dan penjaga istana pada masa kekaisaran di Gorontalo.

Senjata khas ini dibuat dari bahan material logam atau besi putih, sedangkan sarungnya terbuat dari bahan kayu kuning.

Senjata Tradisional Eluto

Senjata  Eluto ialah senjata  Gorontalo berjenis senjata keris. Senjata ini ialah keris yang terbuat dari bahan material tembaga dan sarungnya terbuat dari bahan kayu.

Senjata Eluto dahulu dikenal dengan nama Talenge. Senjata tradisional ini mempunyai oleh sang raja atau panglima perang untuk membela diri dari serangan lawan di medan pertempuran.

Senjata Tradisional Bito Palape

Senjata Bito Palape ialah senjata  Gorontalo keris yang terbuat dari kayu hitam. Senjata ini dibuat ukuran pangkal senjata sepanjang 20 cm dan ukuran kayu runcingnya sekitar 25 cm.

Senjata Bito Palape ini digunakan oleh anggota keluarga istana maupun anak raja.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Pedang Panjang

Ada beberapa jenis senjata  Gorontalo yang termsuk pedang panjang. Adapun senjata jenis pedang panjang ialah berikut ini:

Senjata Tradisional Sabele

Senjata ini dipakai warga umum untuk bertani. Senjata sabele berupa pedang tanpa dilengkapi sarung atau ta’upo.

Senjata Tradisional Sumala

Senjata  Gorontalo jenis pedang panjang ialah senjata Sumala. Senjata pedang ini yaitu pedang yang biasa digunakan oleh pasukan kerajaan di Gorontalo pada zaman dahulu.

Hampir keseluruhan kerajaan di Gorontalo mempunyai senjata untuk membela diri atau untuk senjata perang.

Senjata Tradisional Huwangga

Senjata  Gorontalo pedang panjang selanjutnya ialah senjata Huwangga. Senjata ini mempunyai panjang hingga 1 meter. Senjata Huwangga terbuat dari bahan kayu hitam dengan mata pedang dari besi putih.

Baca Juga:  Senjata Tradisional Papua

Pada zaman dahulu, senjata Huwangga digunakan oleh para raja untuk membela diri atau untuk menyerang musuh di medan pertempuran.

Baca Juga: Senjata Tradisional Aceh

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Tombak

"<yoastmark

Senjata tradisional Gorontalo jenis tombak ini terbagi menjadi beberapa jenis senjata:

Senjata Tradisional Totobu’o

Senjata Totobu’o ialah senjata tradisional Gorontalo jenis tombak. Senjata jenis ini mempunyai mata tombak terbuat dari besi.

Zaman dahulu, senjata Totobu’o biasa dimanfaatkan oleh pasukan penjaga kerajaan di tanah Gorontalo. Senjata tradisional Gorontalo ini dipakai untuk perang dan senjata untuk berburu hewan di hutan.

Senjata Tradisional Totobu’o Yilambua

Senjata Totobu’o Yilambua ialah salah satu senjata  Gorontalo tombak. senjata khas ini digunakan oleh para keturunan laki-laki dari sang raja kerajaan, paman raja, dan juga para prajurit kerajaan.

Senjata tombak jenis ini mempunyai panjang senjata 2 meter dan dilengkapi gagang yang terbuat dari bahan material kayu hitam dan mata tombak terbuat dari besi putih. Senjata ini dilengkapi dengan serat enau yang melingkari pangkal mata tombak.

Senjata Tradisional Sambawa

Senjata ini mempunyai gagang yang terbuat dari bahan material kayu hitam, sedangkan mata tombak terbuat dari material besi berwarna putih.

Panjang gagang senjata Sambawa 160 cm dan sisi gagangnya ada ukiran seperti kaki hewan lipan.

Senjata Sambawa biasa dipakai oleh para remaja kerajaan, pasukan kerajaan, atau keluarga kerajaan.

Senjata Tradisional Kanji Pumbungo

Senjata Kanji Pumbungo ialah salah satu senjata  Gorontalo yang gagangnya terbuat dari bahan material kayu hitam. Sementara pada mata tombaknya ada dari besi dengan berbentuk 7 ujung mata bilah. Senjata ini terbuat dengan ukuran hingga 250 cm.

Senjata Kanji Pumbungo digunakan oleh kaum warga untuk menangkap ikan di danau, sungai, atau di laut.

Senjata Tradisional Ono-ono

Senjata Ono-ono ialah senjata  Gorontalo yang mempunyai panjang 2 meter. Senjata ini terbuat dari bahan material kayu pohon enau kemudian dibentuk silinder.

Senjata ini digunakan oleh para pengawal raja saat di medan peperangan.

Senjata Tradisional Dodopa

Senjata tradisional Gorontalo jenis tombak selanjutnya yaitu Dodopa. Senjata dodopa ialah senjata tradisional berbentuk persegi panjang mencapai 1 meter.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Kayu Pemukul

"<yoastmark

Ada beberapa jenis senjata  Gorontalo yang masuk kedalam jenis kayu pemukul.

Senjata Tradisional Kalumbi

Senjata ini ialah senjata kayu yang mempunyai panjang 50 cm yang dibuat dari material kayu hitam.

Senjata Kalumbi digunakan oleh pasukan penjaga istana dan para pengawal pasukan berkuda kerajaan di Gorontalo.

Senjata Tradisional Pantilo

Senjata  Gorontalo yang selanjutnya yaitu senjata Pantilo. Senjata khas Gorontalo ini tergolong senjata pemukul yang mempunyai ukuran panjang kurang lebih 45 cm dan dibuat dari bahan material kayu hitam.Senjata pemukul ini biasa digunakan saat menghadang lawan di medan perang.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap senjata tradisional gorontalo yang masih terjaga keasliannya hingga sekarang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.