Senjata Tradisional Banten

Senjata Tradisional Banten – Membahas tentang senjata tradisional setiap daerah pasti memilikinya. Tidak terkecuali dengan Banten. Ada banyak jenis senjata tradisional Banten yaitu, Bedog, Golok Ciomas, Congkrang, Golok Sulangkar, dan Parang.

Pada ulasan kali ini kita akan mengenai kelima senjata tersebut lengkap dengan fungsinya.

Yuk simak ulasannya.

Macam-macam Senjata Tradisional Banten

Sedikitnya ada 5 macam senjata tradisional Banten yang mempunyai keunikan dan karakteristiknya masing-masing. Adapun daftar kelima senjata tersebut yaitu:

Bedog

Bedog

Bedog ialah senjata tradisional yang bisa kita temui di berbagai wilayah yang ada di pulau Jawa. Bedog atau golok ialah senjata tajam yang terbuat dari bahan besi dengan bilah yang sangat tajam.

Senjata jenis ini digunakan dalam berbagai aktivitas warga sehari-hari. Dahulu, senjata ini digunakan oleh jawara untuk membela diri dari serangan musuh.

Warga Banten menggunakannya untuk memangkas semak belukar, memotong dahan pohon dan kayu, atau aktivitas perkebunan lainnya.

Selain sebagai alat bantu kegiatan sehari-hari, senjata ini digunakan pada pertunjukan seni bela diri debus, yaitu seni bela diri asal Banten yang menunjukan ilmu kebal pada berbagai senjata tajam.

Bedog sering dijadikan benda pusaka yang dipercaya mempunyai kekuatan magis bagi pemiliknya. Sebelum digunakan, Bedog biasanya diasah terlebih dahulu.

Bedog berbentuk seperti pisau dengan ukuran besar dan berat. Senjata bersejarah ini mempunyai bentuk seperti dengan machete, hanya saja bedog lebih pendek. Dan Bedog dilengkapi dengan sarung yang berbahan dasar kayu.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Bali

Golok Ciomas

Golok Ciomas

Selain Bedog, senjata tradisional khas Banten berikutnya ialah Golok Ciomas. Golok ini ialah senjata asli Banten, tepatnya berasal dari desa Ciomas yang berjarak 20 kilometer dari kota Serang, Banten.

Golok ini sangatlah terkenal, tidak hanya di kalangan warga Banten, namun hingga ke seluruh tanah air bahkan hingga ke luar negeri.

Pada masa kolonial, golok sering digunakan warga Banten untuk melawan keberadaan bangsa penjajah. Bahkan golok Ciomas ini diyakini mempunyai kekuatan magis, sehingga bisa dipastikan bisa mengalahkan musuh dalam pertempuran.

Tidak hanya itu, dengan mempunyai golok ini diyakini bahwa jika ia datang kepada orang yang sedang berselisih, ia bisa membuat perselisihan mereda. Aura mistis Golok Ciomas diyakini bisa meredakan suasana hati yang sedang dibakar api emosi atau amarah yang meluap.

Congkrang

Congkrang

Senjata tradisional khas banten ini namanya Congkrang. Congkrang salah satu jenis senjata yang terkenal dan tersebar hampir di sebagian besar daerah di tanah air.

Meskipun, Congkrang digunakan untuk aktivitas berkebun, namun jenis senjata yang satu ini diketahui sangat tajam dan berbahaya.

Untuk menjaga keamanan, senjata ini dimasukkan dan disimpan pada sarung yang terbuat dari kulit.

Parang

Parang

Senjata tradisional khas Banten selanjutnya yaitu Parang. Senjata sederhana ada pernak-pernik ini memang banyak ditemukan di seluruh wilayah nusantara, tidak terkecuali Banten.

Parang adalah senjata yang digunakan untuk menunjang aktivitas masyarakat Banten sehari-hari dan untuk senjata pertahanan diri. Selain golok, parang banyak digunakan masyarakat Banten.

Untuk menjaga ketajaman senjata yang satu ini, warga Banten sendiri biasa mencuci bersih setelah menggunakannya.

Dan untuk menjaga senjata tidak mudah berkarat, senjata ini harus dikeringkan sebelum dimasukkan kembali ke dalam sarungnya.
Baca Juga:  Senjata Tradisional Bali

Golok Sulangkar

Golok Sulangkar

Salah satu senjata khas Banten yang tergolong jenis golok yaitu Golok Sulangkar. Golok jenis ini mudah didapatkan di daerah Banten.

Sulangkar ialah jenis besi bahan dasar dalam membuat golok. Sehingga golok yang terbuat dari besi Sulangkar diberi nama Golok Sulangkar.

Bahan yang dipilih untuk membuat golok ini ialah jenis besi Sulangkar yang sudah berusia puluhan tahun.

Semakin tua usia besi ini, maka diyakini semakin mempunyai unsur mistis yang bisa memberikan kekuatan pada golok.

Salah satu ciri khas golok jenis ini yaitu empat garis serat yang dimiliki besi Sulangkar.

Besi Sulangkar sendiri mempunyai sifat yang mudah mencair. Salah satu cara untuk membedakan jenis Golok Sulangkar dan golok lain yaitu melihat penampilan fisiknya yang terlihat seperti berkarat dan juga tumpul.

Selain itu mengandung kekuatan mistis yang cukup kuat. Dan racun yang ada pada golok ini bisa melumpuhkan musuh dengan sekali tebas.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap senjata tradisional banten yang masih terjaga keaslianya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.