Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan – Sumatera Selatan adalah salah satu daerah Indonesia yang strategis. Maka tak aneh bila di daerah ini mempunyai aneka ragam budaya yang menjadi ciri khas dan ikon daerah. Salah satunya yaitu alat musik Sumatera Selatan.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai alat musik tradisional khas Sumatera Selatan.

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Sumatera Selatan mempunyai ragam budaya, salah satunya adalah alat musik Sumatera Selatan. Alat musik tradisional ini memang diciptakan dan banyak digunakan oleh masyarakat di Sumatera Selatan.

Bahkan tidak sedikit bahwa beberapa alat musik tidak berasal dari Sumatera Selatan, namun budaya masyarakat setempat sehingga alat musik menjadi akrab di kehidupan masyarakat Sumatera Selatan.

Macam Macam Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Seperti yang kita ketahui bersama, alat musik Sumatera Selatan cukup beraneka ragam.

Yuk kita ulas bersama.

Alat Musik Tenun

Alat Musik Tenun

Salah satu alat musik Sumatera Selatan yaitu alat musik Tenun. Sesuai dengan namanya, alat musik Tenun ini dahulu digunakan sebagai alat untuk menenun kain atau disebut kegiatan tenun. Selain itu, alat music ini juga sering dimainkan pada saat acara daerah.

Alat musik jenis ini dibuat dari bahan kayu dengan persegi panjang. Pada di bagian tengahnya dibuat berbentuk ornamen segitiga, pada bagian ini dipukul akan menghasilkan bunyi.

Cara memainkan alat musik ini cukup sederhana dan mudah, yaitu dengan cara dipukul.

Alat Musik Burdah atau Gendang Oku

Alat Musik Burdah

Burdah atau dikenal dengan sebutan gendang Oku yaitu salah satu alat musik tradisional Sumatera Selatan. Dinamakan Oku jika alat musik ini digunakan oleh masyarakat Ogan Komering Ulu yang disingkat menjadi Oku.

Alat musik ini mempunyai ukuran besar dan terbuat dari bahan material kulit hewan dan kayu nangka.

Biasanya alat musik Burdah Sumatera Selatan ini dimainkan pada saat upacara adat lokal dan berguna sebagai alat musik ritmis. Selain itu, gendang ini dimainkan sebagai pengiring gerakan pencak silat.

Alat Musik Genggong

Alat Musik Genggong

Genggong adalah salah satu alat musik Sumatera Selatan. Alat musik jenis ini dimainkan dengan cara ditiup getaran lidah sebagai pengatur nadanya. Alat musik genggong ini mengeluarkan suara yang mirip dengan harmonika.

Alat musik jenis ini bisa dibuat dari beberapa macam material, yaitu dari bahan bambu, kayu, ataupun dari logam.

Alat Musik Kenong Basemah

Alat Musik Kenong Basemah

Alat musik Kenong Basemah juga adalah salah satu alat musik Sumatera Selatan. Meskipun begitu, alat musik ini sering kita temukan di ansambel gamelan Jawa. Kenong adalah alat musik yang mempunyai bentuk dengan bagian tengahnya ada lingkaran yang menonjol.

Sementara alat pemukul yang digunakan yaitu sebatang kayu dengan bagian ujungnya yang dililiti kain.

Alat musik ini biasa digunakan secara bersamaan dengan alat musik lainnya, fungsinya untuk mempertegas nada lagu, dengan kata lain bisa menekankan lagu dengan makna yang dalam.
Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan

Alat Musik Terbangan atau Rebana

Alat Musik Terbangan

Alat musik tradisional Sumatera Selatan berikutnya yaitu Terbangan. Alat musik ini biasa dikenal dengan sebutan rebana. Alat musik ini terdiri dari 4 jenis rebana, yaitu hadrah dan satu bedug kecil atau juga dikenal dengan Jidur.

Alat musik tradisional ini biasa dimainkan secara bersamaan dengan alat musik lainnya, yaitu alat musik Serunai dan Biola.

Biasanya alat musik terbangan ini biasa dimainkan pada saat acara tasyakuran dan upacara keagamaan masyarakat setempat.

Gambus adalah salah satu alat musik tradisional Sumatera Selatan. Alat musik gambus biasa dimainkan pengiring lagu dengan nuansa religi.

Alat musik jenis gambus ini dibuat dari bahan kayu, dan didesain berbentuk semacam gitar dengan mempunyai 6 dawai.

Cara memainkan alat musik Sumatera Selatan ini yaitu dengan cara dipetik. Salah satu musikal gambus yang cukup terkenal dari Palembang, Sumatera Selatan yaitu Orkes Gambus Al Muhibbien dan Assyabab Group Gambus Palembang.

Alat Musik Kulintang (Kolintang)

Alat Musik Kulintang

Alat musik tradisional Sumatera Selatan berikutnya yaitu Kulintang. Alat musik tradisional Kulintang atau dikenal Kolintang ini terdiri dari susunan dari logam kecil.

Cara memainkan alat musik Kulintang ini yaitu dipukul menggunakan alat pemukul khusus.

Hingga saat ini keberadaan Kulintang masih terjaga, pasalnya meski tergolong alat musik tradisional, namun alat musik ini masih sering dimainkan oleh masyarakat Komering, Sumatera Selatan.

Alat Musik Terompet

Alat Musik Terompet

Alat musik tradisional selanjutnya yaitu terompet. Alat musik ini tergolong kalsik, salah satu kegunaannya sebagai pengiring acara-acara tertentu.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditiup dan dimainkan bersamaan dengan beberapa alat musik jenis lainnya.

Bahan dasar dari alat musik ini yaitu logam stenlis atau aluminium khusus.
Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Papua

Alat Musik Gong

Alat Musik Gong

Pada zaman dahulu, alat musik Sumatera Selatan juga digunakan sebagai alat komunikasi masyarakat setempat. Hal ini juga terjadi pada alat musik Gong. Gong sendiri dibuat dari bahan dasar kuningan.

Selain itu, alat musik gong ini digunakan sebagai alat pengiring kegiatan upacara adat di Sumatera Selatan. Alat musik ini dimainkan secara bersamaan dengan alat musik lainnya atau bahkan juga secara tunggal.

Alat Musik Seruling

Alat Musik Seruling

Alat musik selanjutnya adalah seruling. Alat musik yang sangat terkenal dan masih sering dijumpai sampai sekarang. Bahkan di beberapa daerah, seruling banyak dijumpai dan diberi sebutan yang berbeda.

Alat musik ini dibuat dari bahan material bambu yang diberi beberapa lubang.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditiup dan mengatur nadanya melalui menutup dan membuka lubang yang ada pada alat musik  Sumatera Selatan tersebut.

Alat musik ini biasa dimainkan secara tunggal atau juga bisa secara kelompok dengan alat musik lainnya sebagai pengiring lagu daerah dalam beberapa upacara adat atau pertunjukan kesenian daerah setempat.

Alat Musik Marawis

Alat Musik Marawis

Marawis adalah salah satu alat musik  Sumatera Selatan yang dimainkan oleh masyarakat umat Islam.

Alat musik tradisional Marawis mempunyai bentuk yang mirip dengan terbangan atau rebana, bahkan dari segi fungsi pun juga hampir sama.

Namun, perbedaan pada alat musik Marawis ini dibuat dari bahan kayu yang dilengkapi dengan kulit binatang serta tali.

Baca Juga: Alat Musik Tradisional lampung

Alat Musik Kecapi

Alat Musik Kecapi

Alat musik  Sumatera Selatan yaitu Kecapi. Alat musik ini tidak berasal dari Sumatera Selatan.

Namun sejak dahulu, alat musik ini digunakan oleh masyarakat setempat di beberapa daerah Sumatera Selatan.

Alat musik ini biasa digunakan sebagai alat musik tradisional oleh masyarakat Jawa.

Kecapi dibuat dari bahan material kayu dan tali senar yang terbuat dari kawat logam yang tipis. Cara memainkannya dengan ditepuk dengan telapak tangan.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap alat musik tradisional sumatera selatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.