Alat Musik Tradisional Gorontalo

Alat Musik Tradisional Gorontalo – Gorontalo yaitu provinsi yang ada di pulau Sulawesi dan terbentuknya pada sekitar tanggal 5 Desember 2002 dengan otonomi daerah di era reformasi.

Gorontalo memiliki julukan “Serambi Madinah” karena provinsi ini memiliki keanekaragaman baik itu tari-tarian, lagu daerah sampai alat musik  Gorontalo.

Namun, pada kesempatan ini bogornews akan mengulas tentang jenis alat musik tradisional Gorontalo.

Alat Musik Tradisional Gorontalo

gambus gorontalo

Gorontalo yaitu provinsi yang memiliki beragam kebudayaan lokal, Seperti yang sudah diketahui, bahwa alat musik Gorontalo bukan sekedar terdiri dari satu jenis saja, namun terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing.

Alat Musik Tradisional Gambusi atau Gambus Gorontalo

gambus gorontalo

Gambusi atau Gambus Gorontalo yaitu alat musik  Gorontalo yang identik dengan kebudayaan Melayu.

Biasanya alat musik ini tidak dimainkan secara individu, namun dimainkan secara bersama dengan alat musik  lainnya seperti rebana wahulo dan alat musik  Gorontalo yang lainnya.
Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Yogyakarta

Alat Musik Tradisional Wahulo

Alat Musik Tradisional Wahulo

Wahulla yaitu alat musik  Gorontalo yang memiliki bentuk mirip dengan alat musik rebana. Dimana cara membedakannya yaitu dengan cara melihat dari segi bentuknya saja, karena wahulla memiliki bentuk yang sedikit lebih besar dan juga susunan tali pengikutnya dibuat dengan menggunakan bahan rotan.

Alat Musik Tradisional Polopalo

Alat Musik Tradisional Polopalo

Polopalo yaitu alat musik  Gorontalo yang dibuat menggunakan bahan bambu. Alat musik ubi memiliki bentuk mirip seperti garpu gala raksasa.

Adapun cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul ke bagian anggota tubuh, yaitu pada lutut.

Salah satunya yaitu ditambahkan sebuah alat pemukul yang terbuat dari kayu dan dilapisi menggunakan karet, hal ini bertujuan untuk mempermudah dan membantu dalam proses memainkan alat musik ini.

Alat Musik Tradisional Ganda (Gendang Gorontalo)

genfang gorontalo

Ganda adalah alat musik  Gorontalo seperti alat musik pukul seperti gendang. Alat musik ganda ini memiliki bentuk yang mirip dengan alat musik tifa yang berasal dari Papua, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan juga ramping.

Kulit lembu tersebut direntangkan pada kedua sisi lubang rongga kayu dan di pasak secara keliling dengan menggunakan pasak kayu. Alat musik tersebut cukup mudah mempelajarinya.

Jika dibandingkan dengan gendang yang berasal dari Jawa, alat musik gandang ini juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan alat musik ganda juga termasuk kedalam jenis alat musik membranofon.
Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Alat Musik Tradisional Marwas atau Marawis Gorontalo

Marwas atau Marawis Gorontalo yaitu alat musik  Gorontalo yang masih berkaitan dengan Islam.

Alat musik marwas ini termasuk jenis alat musik pukul, pemain akan memukul atau menepuk alat musik pada bagian membrannya

Suara yang dihasilkan dari instrumen ini terbagi menjadi dua yaitu, bunyi dung dan juga pak. Kedua bunyi tersebut adalah hasil dari pukulan para pemain yang berbeda.

Pada umumnya, alat musik ini sering memainkan lagu berupa kepada Sang Maha Pencipta.

Alat musik marwas ini juga diyakini sudah menjadi alat musik Gorontalo yang diadopsi dari kebudayaan timur yang datang secara bersamaan dengan para pedagang di masa dahulu.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai jenis dari alat musik  Gorontalo. Gorontalo ini ternyata masih memiliki banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu andadalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.