Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat

Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat – Nusa Tenggara Barat yaitu provinsi yang berada di bagian Barat Kepulauan Sunda Kecil atau yang sering dikenal dengan Kepulauan Nusa Tenggara.

Provinsi ini mengandung berbagai etnis yang hidup berdampingan dan memiliki beragam jenis kesenian, baik itu tarian daerah, rumah adat, hingga alat musik tradisional Nusa Tenggara Barat.

Pada artikel ini kita akan membahas alat musik tradisional Nusa Tenggara Barat. Yuk simak bersama-sama.

Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat

Seperti pada ulasan sebelumnya bahwa Nusa Tenggara Barat yaitu provinsi yang masuk kedalam bagian dari Sunda Kecil dengan ibu kota Singaraja. Sunda Kecil yaitu kepulauan yang terbagi menjadi 3 macam provinsi, yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat dan juga Nusa Tenggara Timur.

Berikut ini jenis alat musik tradisonal Nusa Tenggara Barat.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat

Alat musik tradisional Nusa Tenggara Barat bukan saja terdiri dari satu jenis, melainkan terdiri dari berbagai jenis dengan keunikannya masing-masing.

Alat Musik Tradisional Gendang Beleq

Alat Musik Tradisional Gendang Beleq

Gendang Beleq yaitu alat musik  Nusa Tenggara Barat yang berasal dari warga Suku Sasak. Alat musik gendang beleq memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran gendang pada umumnya.

Alat musik ini disebut gendang beleq, nama tersebut terdiri dari “gendang” yang berarti “kendang”, dan juga “beleq” yang berarti “besar”.

Alat musik gendang beleq dibagi menjadi dua jenis berdasarkan suara yang dihasilkan, yaitu ada gendang mama (laki-laki) dan ada gendang nina (perempuan). Gendang mama akan menghasilkan suara yang lebih nyaring jika dibandingkan dengan gendang nina.

Jika susunan pendukung baku berjumlah 40 orang, maka susunan tidak baku terdiri dari 17 orang yang digunakan untuk menyambut para tamu, perlombaan atau untuk berbagai festival.

Alat Musik Tradisional Gong Tawaq-Tawaq

Alat Musik Tradisional Gong Tawaq-Tawaq

Gong Tawaq-Tawaq yaitu alat musik  Nusa Tenggara Barat yang dibuat menggunakan bahan berupa kuningan.

Nama tawaq berasal dari nama salah satu alat yang mendominasi, yaitu tawaq-tawaq atau gong kecil. Permainan alat musik ini dimainkan secara bersama dengan alat musik lainnya.

Biasanya alat musik ini dimainkan dengan posisi pemain akan duduk atau arak-arakan dan sering digunakan sebagai musik pengiring dalam proses pernikahan, khitanan, penyambutan tamu atau hanya sekedar untuk hiburan.
Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Gorontalo

Alat Musik Tradisional Palompong atau Cungklik

Alat Musik Tradisional Palompong

Palompong atau Cungklik yaitu alat musik  Nusa Tenggara Barat yang masuk kedalam jenis alat musik khas dari masyarakat Sumbawa.

Palompong atau Cungklik yaitu alat musik yang termasuk kedalam jenis alat musik xilofon dan dimainkan dengan cara dipukul dengan dua buah alat pemukul, yaitu tangan kanan dan juga tangan kiri.

Cara memainkan alat musik ini juga cukup menarik, yaitu dengan cara para pemain dalam posisi duduk dengan keadaan kaki lurus kedepan.

Alat Musik Tradisional Gula Gending

Alat Musik Tradisional Gula Gending

Gula Gending yaitu alat musik  Nusa Tenggara Barat yang dibuat menggunakan bahan seng dan juga tekstil.

Tongkak inilah digunakan sebagai alat musik.

Alat musik ini biasanya digunakan untuk menarik perhatian anak-anak agar membeli makanan tersebut.

Adapun jenis Gending yang dimainkan yaitu buah odaq, tempong gunung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alat Musik Tradisional Serunai

Alat Musik Tradisional Serunai

Serunai yaitu alat musik tradisional Nusa Tenggara Barat yang memiliki bentuk mirip dengan terompet dan juga bisa menghasilkan nada melodis pada saat dimainkan.

Bagian paling unik yang ada pada alat musik ini yaitu terletak pada bagian ujungnya yang mengembang dan digunakan sebagai pembesar volume suara.
Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Yogyakarta

Alat Musik Tradisional Genggong

Alat Musik Tradisional Genggong

Pemain genggong dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu ada genggong Lanang yang menghasilkan nada tinggi dan ada genggong wadah yang menghasilkan nada rendah.

Dimana dalam proses pembuatan alat musik ini membutuhkan andang berupa beras, benang, sirih pinang dan juga kepeng yang dilakukan pada hari baik yakni hari Jumat untuk mengambil pelepah enau atau bambu.

Alat Musik Tradisional Sarone

Alat Musik Tradisional Sarone

Alat musik sarone ini sama dengan klarinet yang terbuat dari bahan bambu dan juga daun kelapa.

Alat Musik Tradisional Terumpang

Alat Musik Tradisional Terumpang

Terumpang yaitu alat musik  Nusa Tenggara Barat yang memiliki bentuk seperti mangkuk besar.

Alat Musik Tradisional Satong Srek

Alat Musik Tradisional Satong Srek

Satong srek yaitu alat musik  Nusa Tenggara Barat yang dibuat menggunakan bahan bambu dan juga seng

Sehingga jika permukaan alat musik yang terbuat dari seng ini  digesek dan dipukul, maka alat musik satong srek bisa menghasilkan bunyi.

Alat Musik Tradisional Pereret

Alat Musik Tradisional Pereret

Pereret yaitu alat musik  Nusa Tenggara Barat yang termasuk kedalam jenis alat musik terompet dan dimainkan dalam orkestra yang berperan sebagai pembawa melodi.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap alat musik Nusa Tenggara Barat yang eksostis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.