Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

Alat Musik Tradisional Sumatera Barat – Sumatera Barat tidak saja dikenal dengan kulinernya yang mantap, namun mempunyai keragaman budaya yang unik dan khas.

Alat musik khas Sumatera Barat sangat beraneka ragam jenis. Dan setiap jenis tersebut dimainkan dengan unik dan tidak jarang ditemukan di berbagai acara.

Yuk kita simak bersama-sama.

Nama Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

Sumatera Barat yaitu salah satu provinsi yang mempunyai nilai kebudayaan yang sangat tinggi. Sedari dahulu, masyarakat Minangkabau banyak dikenal sebagai sastrawan, seniman, musisi yang karyanya melegenda dan sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Jika ditelusuri kebelakang, salah satu yang membuat nama suku Minangkabau populer berbagai kalangan yaitu melalui alat musik Sumatera Barat.

Alat musik tersebut juga mendapat pengaruh dari budaya Melayu.

Bahkan tidak jarang dimainkan di berbagai acara resmi atau pentas seni hiburan semata.

Macam Macam Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

Alat musik tradisional Sumatera Barat mempunyai ragam jenis, mulai dari alat musik yang dimainkan dengan dipukul, digesek hingga ditiup.

Berikut ulasan lengkapnya.

Saluang

Saluang

Alat musik tradisional Sumatera Barat yang pertama yaitu Saluang. Alat musik ini menjadi alat musik ikonik khas Minangkabau.

Cara memainkan alat musik Sumatera Barat ini yaitu ditiup dan dimainkan lubangnya dengan tangan untuk menghasilkan nada yang indah.

Alat musik tradisional ini mempunyai bentuk seperti seruling, hanya saja pada alat musik Saluang ini mempunyai bagian pangkal dan ujung yang bolong.

Alat musik Saluang dimainkan dalam acara resmi atau acara hiburan, mulai dari upacara adat, pentas seni, iring-iringan pengantin dan hiburan masyarakat.

Talempong

Talempong

Kedua, alat musik Sumatera Barat selanjutnya yaitu Talempong. Cara memainkan alat musik ini cukup sederhana, yaitu dengan memukul poros cembung bagian tengah dan mengikuti rima dan irama musik dari instrumen lainnya.

Hampir mayoritas alat musik pengiring tarian adat Sumatera Barat dilengkapi alat musik Talempong sebagai salah satu instrumennya.

Beberapa tarian Sumatera Selatan tersebut diantaranya Tari Pasambahan, Tari Indang, Tari Piring dan lain-lain.

Alat musik ini mempunyai bentuk lingkaran dengan bagian tengahnya sedikit menonjol ke atas. Tonjolan ini digunakan sebagai tempat pukulan mendarat.

Sederhananya, alat musik ini seperti bonang dalam Gamelan Jawa. Bahan material dari alat musik jenis ini kuningan, kayu sampai batu.
Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Serunai

Serunai

Alat musik Serunai mirip dengan Saluang, namun bagian ujungnya mengembang semacam terompet. Bagian mengembang tersebut sebagai media untuk memperkeras volume suara yang dihasilkan.

Serunai adalah alat musik khas Minangkabau.

Pada bagian lubang pengatur suaranya dibuat dari Kayu Capo atau bambu yang dibuat dengan ukuran sebesar ibu jari tangan dengan jumlah 4 lubang.

Rabab

Rabab

Alat musik tradisional Sumatera Barat selanjutnya yaitu Rabab. Alat musik jenis ini sejenis instrumen musik daerah yang cara memainkannya digesek.

Alat musik Rabab sudah menyebar ke pelosok hampir seluruh Nusantara, namun menurut sejarah diceritakan bahwa alat musik ini diciptakan di tanah Minang.

Diketahui pula bahwa alat musik Rabab mempunyai beberapa jenis lainnya, yakni Rabab Darek, Rabab Piaman dan Rabab Pasisie.

Rabab adalah alat musik yang dimainkan beberapa orang secara Bersama.

Bansi

Bansi

Alat musik tradisional Sumatera Barat berikutnya yaitu Bansi.

Bansi adalah salah satu alat musik jenis Aerophone yang cara memainkannya dengan skill khusus, sehingga tak aneh jika para pemain alat musik ini membutuhkan pelatihan secara khusus terlebih dahulu.

Pupuik Batang Padi

Pupuik Batang Padi

Alat musik tradisional Sumatera Barat berikutnya yaitu Pupuik Batang Padi. Sesuai dengan namanya, alat musik ini terbuat dari batang padi yang sudah tua atau telah berbuku.

Cara membuat dan memainkan Pupuik cukup sederhana, hanya perlu memecahkan bagian pangkal batang padi (yang berbulu), hasil pecahan tersebut menghasilkan suara ketika ditiup.

Pupuik Tanduak

Pupuik Tanduak

Selain Pupuik Batang Padi, di Sumatera Barat juga ada alat musik Pupuik Tanduak. Sesuai dengan namanya, alat musik ini terbuat dari tanduk kerbau. Sehingga bentuknya semakin mengembang semacam terompet.

Bentuknya semacam terompet ini membuat Pupuik Tanduak bisa menghasilkan bunyi yang keras dan melengking, maka tidak heran jika ada menjangkau jarak dengan jauh.

Kateuba

Kateuba

Kateuba dikenal juga dengan sebutan Gajeuma.

Cara membuatnya dibedakan menjadi beberapa langkah.

Selanjutnya lebaran kulit hewan tersebut diikat dengan rotan.

Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Lampung

Adok

Adok

Alat musik ini tergolong kategori alat musik membranophone. Di bagian depannya, dibuat dari selaput sehingga bisa menghasilkan bunyi.

Aguang

Aguang

Aguang lebih dikenal dengan sebutan nama “Gong”. Alat musik tradisional Sumatera Barat yang satu ini masuk kedalam alat musik pukul yang cukup terkenal, tidak hanya di Sumatera Barat, melainkan sampai mencakup Asia Tenggara dan Timur.

Aguang adalah alat musik yang sangat terkenal dengan bentuknya seperti gong yang berasal dari Madura, Jawa, Melayu, dan beberapa daerah lainnya.

Biasanya, alat musik Aguang dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya. Dan berguna mempertegas irama nada.

Gajeuma

Gajeuma

Gajeuma adalah salah satu alat musik yang berasal dari Kepulauan Mentawai. Alat musik jenis ini dibuat dari bahan kayu.

Tambua

Tambua

Selanjutnya ada Tambua, yaitu salah satu alat musik tradisional Sumatera Barat yang diketahui berasal dari Agam, Sumatera Barat.

Tansa

Tansa

Alat musik tradisional Sumatera Barat berikutnya yaitu Tansa. Alat musik ini cukup unik, pasalnya bentuknya seperti kuali atau bejana dengan diameter sekitar 14 inch.

Dulang

Dulang

Alat musik unik lainnya dikenal dengan sebutan Dulang. Dulang atau disebut juga dengan nama Talam, yang sebetulnya difungsikan sebagai wadah atau tempat makanan yang dibuat dari bahan tembaga.

Saluang Pauh

Saluang Pauh

Alat ini dimainkan dengan peringatan momen yang membahagiakan, seperti Baralek, Alek Pemuda, Batagak Penghulu, hingga Tahun Baru dan sejenisnya.

Sampelong

Sampelong

Alat musik  Sumatera Barat berikutnya ada Sampelong.

Sampelong sudah ada sejak dahulu kala, nada yang dihasilkan yaitu nada dari lagu Budha.

Ada seniman asal Sumatera Barat yang mengatakan bahwa Sampelong mempunyai nada yang terkesan “China”, namun berada di nada minor.

Talang Anau

Talang Anau

Alat musik berikutnya bernama Talang Anau.

Bentuk dan bunyi yang dihasilkan Talang Anau ini sama dengan alat musik Talempong, hanya saja Talang Anau ini terbuat dari batu dan berukuran besar dan dibuat dengan bentuk persegi panjang.

Meski alat musik Talang Anau jarang dimainkan, namun keberadaannya dilestarikan oleh masyarakat Sumatera Barat.

Biola Minang

Biola Minang

Alat musik Sumatera Barat yang terakhir yaitu Biola Minang. Alat musik Biola Minang cukup terkenal dan semacam alat musik biola pada umumnya.

Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap alat musik tradisional sumatera barat. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.