Alat Musik Tradisional Bangka Belitung

Alat Musik Tradisional Bangka Belitung – Sudah diketahui bersama bahwa alat musik Bangka Belitung salah satu kebudayaan bangsa Indonesia. Salah satu produk budaya ini banyak dikenal oleh kesenian khas dan ikonik dari daerah tersebut.

Dari begitu banyak kekayaan budaya dan kesenian Bangka Belitung, pada kesempatan ini kita akan membahas bersama mengenai alat musik tradisional Bangka Belitung yang tidak kalah eksotis.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasaanya sampai selesai.

Alat Musik Tradisional Bangka Belitung

Bangka Belitung ini adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dua pulau, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Lokasi Bangka Belitung ada di timur dari Pulau Sumatera. Ibukota provinsi ini berada di Kota Pangkal pinang.

Kepulauan ini dikenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan, di sisi lain ada kebudayaan yang khas dan cukup beragam. Salah satunya yaitu alat musik tradisional Bangka Belitung.

Alat musik tradisional Bangka sangat beragam karena masih mendapatkan pengaruh kebudayaan dari budaya Arab, China, dan Melayu. Maka tidaklah aneh, jika beberapa alat musik khas Bangka Belitung banyak ditemukan di beberapa daerah di Sumatera.

Macam Macam Alat Musik Tradisional Bangka Belitung

Dari pada penasaran yuk kita bahas.

Alat Musik Caklemong atau Talempong

Alat Musik Caklemong atau Talempong

Alat musiki ini disebut juga dengan nama Talempong. Alat musik Caklemong ini terdiri dari gong yang mempunyai ukuran yang berbeda.

Alat musik Caklemong ini mempunyai bentuk seperti alat musik bonang di dalam komponen Gamelan, Jawa.

Ukuran Caklemong atau Talempong lebih kecil dan mempunyai bentuk yang mirip dengan periuk yang melengkung ke bawah. Pada permukaan talempong ini licin dan bagian tengahnya berbentuk cembung.

Dan biasa dimainkan sebagai pengiring tarian tradisional seperti pertunjukan kesenian daerah, yaitu tari Piring, tari Lilin, Wayang Kulit, dan lain sebagainya.

Alat Musik Gambangan

Alat Musik Gambangan

Gambangan yaitu alat musik tradisional Bangka Belitung yang mempunyai bentuk seperti Gamelan di Jawa dan Bali.

Alat musik Gambangan ada  7, atau 8 potong kayu, beberapa terkadang menggunakan lima potong kayu khas alat musik asli Bangka Belitung.

Kayu dibuat sebagai bahan alat musik Gambangan yaitu kayu ringan, seperti kayu meranti, medang, libut, dan sengkurong.

Alat Musik Seruling atau Suling Bangka Belitung

Alat Musik Seruling atau Suling Bangka Belitung

Seruling atau Suling juga alat musik tradisional Bangka Belitung.

Bagi warga Bangka Belitung, alat musik Seruling ini banyak dimidigemari dan sangat dikenal dengan keunikan dan keindahannya.

Alat Musik Serunai

Alat Musik Serunai

Serunai adalah salah satu alat musik tradisional Bangka, atau beberapa masyarakat mengenalnya sebagai alat musik tradisional khas Minangkabau.

Alat Musik Gendang Melayu

Alat Musik Gendang Melayu

Sama seperti daerah lainnya di Sumatera, Bangka Belitung juga mempunyai alat musik yang khas, yaitu Gendang Melayu. Sama halnya dengan Gendang pada biasanya, Gendang Melayu dimainkan dengan cara dipukul.

Bahan dasar gendang Melayu yaitu bahan kulit hewan ternak seperti, kerbau, kambing, dan juga lembu.

Seperti namanya, Gendang Melayu tidak menjadi ciri khas Bangka , namun juga menjadi alat musik tradisional bangsa Melayu.

Alat musik tradisional Ba biasa dimainkan pada saat pentas seni bela diri pencak silat dan digunakan sebagai penegas gerakan ketika para pemain bela diri melakukan jurus khusus atau bahkan mempercepat temponya.

Alat Musik Gitar Dambus

Alat Musik Gitar Dambus

Alat musik gitar Dambus juga alat musik tradisional Bangka Belitung. Alat musik jenis ini memang cukup terkenal di tanah Sumatera, maka tidak aneh jika keberadaannya banyak dijumpai di beberapa daerah selain Provinsi Bangka Belitung.

Jika ditelisik asal-muasalnya, alat musik gitar Dambus berasal dari berbagai jenis akulturasi budaya, yaitu budaya Arab, Melayu, dan China.

Alat musik khas ini biasa dimainkan saat upacara adat dan tarian daerah. Beberapa seni tari yang diiringi

Gitar Dambus sendiri merupakan gitar yang mempunyai bentuk seperti setengah bagian buah labu.

Bahan dasar pembuatan alat musik ini yaitu dari bahan kayu, dan menggunakan bahan kayu jenis meranti atau bahan kayu cempedak. Sementara bagian senarnya menggunakan nylon yang biasa digunakan untuk memancing.

Keunikan dari alat musik gitar Dambus ini ada pada bagian ujung gagangnya.

Baca Juga:  Alat Musik Tradisional Aceh

Alat Musik Gong

Alat Musik Gong

Di Bangka Belitung juga ada alat musik daerah berupa Gong.

Waditra yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu bagian yang berguna sebagai tanda akhir kalimat lagu atau tanda pada bentuk gending.

Alat Musik Rebana atau Kompang

Alat Musik Rebana atau Kompang

Di Bangka Belitung juga ada Rebana, alat musik yang cukup terkenal ini memang banyak ditemukan di beberapa wilayah Sumatera.

Rebana juga dimainkan oleh masyarakat Bangka Belitung, bahkan mereka memberi julukan sendiri pada alat musik tradisional itu dengan nama Kompang.

Cara memainkan alat musik ini yaitu ditabuh menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Rebab

Alat Musik Rebab

Akibat berada di wilayah yang dilewati jalur perdagangan Islam, maka tidaklah aneh jika di Bangka Belitung ada alat musik Rebab.

Biasanya, bentuk Rebab memiliki ukuran lebih kecil dengan dibuat badannya berbentuk lingkaran, bagian depan Rebab dilapisi dengan kulit domba dan memiliki leher panjang.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap alat musik tradisional aceh yang masih terjaga keasliannya. Semoga kita terus menjaga dan melestarikannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.