Pakaian Adat Papua Barat

Pakaian Adat Papua Barat – Papua barat ialah salah satu provinsi yang ada di Indonesia tepatnya pada bagian Timur. Kebanyakan warga yang ada di daerah tersebut masih menjaga kebudayaan dan adat istiadat.

Salah satunya ialah pakaian adat Papua Bara. Kemudian apa saja Jenis-jenis Pakaian adat Papua Barat ini?

Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Pakaian Adat Papua Barat

Papua barat ialah salah satu provinsi yang dikenal baju atau bawahan dengan model rumbai-rumbai. Pakaian  Papua Barat tersebut dibuat dengan bahan dari pepohonan yang mengering.

Pakaian  Papua Barat memiliki desain yang lebih terbuka dan ada pakaian adat yang memiliki dengan lebih rapi. Memang, biasanya model baju adat tersebut terpengaruh oleh adat istiadat dari setiap daerah.

Pakaian Adat Sali

Pakaian Adat Sulawesi Barat 

Pakaian sali ialah pakaian  Papua Barat yang dibuat khusus perempuan yang masih perawan atau belum menikah.

Pakaian adat ini berwarna coklat, hal demikian dikarenakan pengaruh dari bahan yang digunakan. Pakaian adat sali ini memiliki bentuk seperti baju rompi modern.

Modelnya bisa dibilang cukup sederhana, karena hanya berupa lembaran bahan yang digunakan seperti penggunaan baju pada biasanya.

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa baju ini khusus dipakai oleh perempuan yang belum memiliki ikatan pernikahan atau belum menikah, karena biasanya orang yang sudah menikah sudah disediakan baju adat tersendiri.
Baca Juga:  Pakaian Adat Aceh

Pakaian Adat Yokal

Pakaian Adat Sulawesi Barat 

Pakaian adat Yokal yaitu pakaian  Papua Barat yang boleh digunakan oleh kaum wanita yang sudah menikah. Pakaian adat ini bisa kita jumpai di pedalaman Papua Barat saja.

Pakaian adat tersebut tidak diperjualbelikan, hal demikian dikarenakan pakaian adat ini ialah suatu simbolis dari warga Papua yang menggambarkan akan kedekatannya dengan alam semesta.

Pakaian Adat Ewer

Pakaian Adat Ewer

Pakaian adat ewer ialah pakaian  yang memiliki bentuk unik.

Rok rumbai tersebut dibuat menggunakan rumbaian dan pepohonan atau serat dari tumbuhan. Serat yang sudah mengering biasanya disusun secara rapat hingga bisa digunakan sebagai bawahan.

Biasanya kaum wanita dan pria menggunakan baju atasan yang terbuat dari bahan kain bludru.

Pakaian Adat Holim

Pakaian Adat Holim

Pakaian  Holim ialah pakaian  Papua Barat yang berasal dari suku Dani Papua, pakaian adat ini dikhususkan untuk kaum pria. Pakaian adat holim ini memiliki nama lain yaitu pakaian koteka atau pakaian penutup kemaluan.

Pakaian adat holim bisa digunakan pada kehidupan sehari-hari. Koteka biasanya digunakan dengan diikat ke pinggang dengan menggunakan seutas tali sampai ujung koteka tersebut bisa mengacung ke atas.

Sedangkan koteka yang digunakan pada acara adat, maka koteka yang digunakan biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang dan dilengkapi dengan ukiran etnik. Sedangkan jika koteka ini digunakan untuk bekerja dan aktivitas sehari-hari, maka koteka tersebut memiliki ukuran yang lebih pendek.

Suku Papua ini memiliki beragam bentuk koteka yang berbeda. Misalnya suku tion yang menggunakan bahan berupa dua buah labu air, sedangkan pada suku lain ada yang hanya menggunakan satu labu air saja.

Labu air yang dipilih bukan labu sembarangan, melainkan menggunakan labu air tua yang cenderung lebih keras dan biasanya akan lebih awet jika dibandingkan dengan penggunaan labu air muda, kemudian keringkan labu agar koteka tidak cepat membusuk.
Baca Juga:  Pakaian Adat Gorontalo

Akhir Kata

Itulah pakaian dari papua barat yang masih terjaga keasliannya. Semoga kita bisa menjaga dan melestarikannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.