Pakaian Adat Sulawesi Barat 

Pakaian Adat Sulawesi Barat – Sulawesi Barat yaitu salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai aneka ragam budaya. Salah satu budaya tradisional yang berasal dari provinsi beribukota di Mamuju tersebut ialah pakaian adat Sulawesi Barat.

Nah, pada artikel kali ini kita akan mengulas bersama mengenai bagaimana pakaian  Sulawesi Barat. Dan apa saja ciri khas dan nilai filosofis yang terkandung pada setiap busana tradisional tersebut.

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari kita simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Pakaian Adat Sulawesi Barat

Pakaian  Sulawesi Barat bisa diartikan sebagai pakaian tradisional atau busana adat yang mempunyai keunikan dan ciri khas dari Sulawesi Barat.

Di Sulawesi barat sendiri dihuni oleh kelompok etnis, yaitu suku Mandar, suku Toraja, dan suku Mamasa.

Setiap kelompok suku tersebut mempunyai adat istiadat tertentu yang menjadi kepercayaan mereka, kemudian menghasilkan produk budaya berupa pakaian adat.

Maka tidak heran, Bila pakaian tradisional tersebut menjadi ciri khas dari daerah Sulawesi Barat.

Pakaian adat Sulawesi Barat digunakan pada kegiatan atau acara penting sesuai adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut

Pakaian Adat Suku Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Barat 

Suku Toraja ialah kelompok etnis yang banyak mendiami dua provinsi Sulawesi, yaitu provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Suku Toraja bisa ditemukan di kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Pakaian adat suku Toraja bisa dibedakan menjadi dua, yaitu pakaian yang dikenakan oleh wanita atau pria Toraja. Sebagaimana bisa disimak penjelasan lengkapnya mengenai kedua jenis tersebut di bawah ini.
Baca Juga:  Pakaian Adat Sulawesi Utara

Pakaian Adat Suku Mandar

Pakaian Adat Sulawesi Barat 

Suku Mandar ialah suku asli yang mendiami tanah Sulawesi Barat. Suku ini menggunakan pakaian adat khas suku mereka. Biasanya mereka menggunakan pakaian adat mereka pada saat melangsungkan upacara adat pernikahan.

Pakaian yang biasa dikenakan suku Mandar cenderung sebagai pakaian yang terlihat sederhana, namun mengandung nilai filosofi yang dalam sebagaimana kepercayaan yang dianut oleh suku asli Sulawesi Barat tersebut.

Pakaian Adat Suku Mamasa

Pakaian Adat Sulawesi Barat 

Suku Mamasa ialah salah satu kelompok suku yang banyak mendiami provinsi Sulawesi Barat. Bahkan nama suku ini sudah menjadi nama salah satu kabupaten di Sulawesi Barat, yaitu Kabupaten Mamasa.

Suku Mamasa tergolong sebagai kelompok suku yang unik dan mempunyai ciri khas dari adat istiadatnya, seperti salah satunya ialah pakaian budaya dari suku Mamasa ini. Pakaian tradisional dari suku Mamasa ialah pakaian yang dibedakan berdasarkan status sosial masyarakatnya.

Bagi para pemangku adat, pejabat pemerintahan, atau para bangsawan suku Sulawesi Barat tersebut mempunyai pakaian khas yang dikenal dengan nama pakaian Tana’ Bulawan. Sementara bagi masyarakat umum suku Mamasa sering mengenakan pakaian tradisional Pellembangan.

Kedua jenis pakaian adat suku Mamasa biasa dipakai pada saat kegiatan seremonial yang bersifat penting, seperti saat upacara ritual adat, perayaan kemerdekaan, upacara adat kematian, ataupun upacara adat pernikahan.

Pakaian Sulawesi Barat ini juga tidak lengkap tanpa adanya hiasan berupa aksesoris yang digunakan untuk mempercantik pakaian dan menjadi keunikan tersendiri pakaian tradisional suku Mamasa.

Kedua jenis pakaian adat suku Mamasa mempunyai beberapa perbedaan yang penjelasan secara rinci dapat diamati berikut ini.
Baca Juga:  Pakaian Adat Aceh

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap terkait pakaian  Sulawesi Barat yang berhasil Romadecade rangkum buat kamu.

Semoga dengan menuntaskan bacaan artikel ini, semakin menambah wawasan kita pada budaya bangsa, dan semakin menumbuhkan rasa cinta kita kepada tanah air dan bangsa kita, Indonesia.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.